ads

Lazada Indonesia

Senin, 26 Januari 2015

Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS Menggunakan Teknologi CAT

         
          Sudah menjadi stigma di masyarakat umum bahwa penerimaan CPNS di Indonesia penuh dengan nuansa Kolusi dan Nepotisme. Suap menyuap merupakan hal yang sangat lumrah terjadi di Indonesia. Entah mengapa masyarakat rela membayar puluhan bahkan ratusan juta untuk menjadi abdi negara. Kalau difikir-fikir, awalnya saja sudah tidak baik apalagi ke depannya.
Namun mulai sekarang pola pikir ini harus segera berubah karena Pemerintah, khusunya Kementrian PAN-RB telah berkomitmen untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam bidang rekruitmen CPNS. Salah satu terobosan yang dilaksanakan adalah dengan menyelenggarakan tes CPNS dengan sistem CAT (Computer Assisted Technology). Bagi anda yang sudah pernah "mencicipi" model tes seperti ini, Anda pasti akan berpendapat bahwa penerimaan CPNS sekarang benar-benar lebih transparan daripada sebelumnya. Karena begitu selesai mengerjakan soal tes kita akan langsung tahu skor yang kita peroleh dan langsung bisa melihat peringkat dalam satu ruang.
Supaya bisa lulus kita wajib untuk belajar, namun terkadang kita bingung apa saja yang harus dipelajari ketika akan menghadapi soal tes CPNS. Berikut akan saya paparkan hal apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi tes CPNS.
1. Belajar materi CPNS
    Tes Cpns terdiri dari 3 jenis tes (soal) yaitu : TKP (tes karakteristik pribadi), TIU (tes Intelejensi umum),  TWK (tes wawasan kebangsaan).
Untuk mengerjakan TKP yang perlu kita persiapkan adalah belajar menjadi seseorang yang munafik. Karena di dalam soal tersebut akan berisi soal dan jawaban yang sangat konservatif. Tapi demi mendapatkan skor yang tinggi kita harus memilih jawaban yang paling baik (meskipun tidak sesuai dengan perasaan kita)
Untuk mengerjakan TIU diperlukan latihan berulang-ulang agar anda menjadi terbiasa, kecuali anda adalah seseorang yang supercerdas, karena jenis soal ini menuntut logika dan penalaran kita, setajam apakah insting kita dalam hal matematis, segi kebahasaan, dan lain sebagainya.
Untuk mengerjakan TWK anda cukup mempelajari buku sejarah Indonesia mulai zaman kerajaan hingga politik jaman sekarang, dalami UUD 1945, serta hukum ketatanegaraan.

2. Persiapkan mental anda
Jadikan tes cPNS sebagai sesuatu yang biasa, sehingga anda akan merasa rileks. Rileks akan berpengaruh terhadap kejernihan berfikir anda, jangan sampai terbebani dengan berbagai macam fikiran, tetap fokus terhadap soalyang dihadapi.

3. Persiapkan fisik anda
Istirahat yang cukup, jangan lupa makan sebelum mengerjakan tes, jangan bergadang sebelum mengerjakan soal meskipun itu adalah nglembur belajar

4. Meminta restu orang tua
Meminta doa dari orang tua adalah sesuatu yang wajib, niscaya anda akan sangat dengan mudah mengerjakan soal CPNS

5. Berdoa kepada TUHAN
hal ini tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut, karena anda semua pasti sudah tahu.

Demikian sekelumit pengalaman yang dapat saya SHare-kan kepada teman-teman.Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar