ads

Lazada Indonesia

Kamis, 02 Oktober 2014

Tips Guru yang Baik

       Semua orang memang bisa mengajar, tetapi tidak semua orang bisa menjadi "Guru" apalagi guru yang dikategorikan guru profesional. Guru profesional harus menguasai 4 kompetensi utama, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dengan kata lain, menjadi seorang guru tidaklah semudah orang awam bilang. Ada yang mengatakan lulus SMA saja bisa jadi guru, bahkan lulus SMP pun bisa jadi guru. Itu semua adalah pernyataan orang yang tidak bertanggung jawab.
       Profesi guru merupakan sebuah profesi yang memiliki karakteristik khusus dan diperlukan bakat-bakat istimewa. Seperti hal nya profesi lain macam dokter, arsitek, tukang servis, pengacara, pilot,dan sebagainya. Profesi guru juga memiliki kewajiban untuk mencapai sebuah tujuan dari sebuah profesi keguruan itu sendiri. Sebagai contoh adalah dokter, seorang dokter yang tidak menguasai kompetensinya dan tidak berbakat, dia justru hanya akan mencelakai pasien. Begitu juga dengan arsitek, apabila dia tidak profesional, jembatan gantung yang baru dibuat satu tahun dengan biaya ratusan milyar bahkan trilyun akan runtuh begitu saja. Tidak berbeda dengan guru, apalagi yang dihadapi guru bukanlah benda mati macam arsitek tetapi manusia-manusia yang sedang dalam proses pembentukan kehidupan mereka di masa depan.
Apabila guru salah mendidik anak ini, maka runtuhlah negara. Itulah mengapa guru itu sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berkaitan dengan pentingnya fungsi guru berikut akan saya paparkan beberapa tips menjadi seorang guru yang baik, dicintai murid, disayangi rekan-rekan dan disegani masyarakat.

1. Mengajarlah dengan meneladani
    Metode mengajar yang paling baik menurut saya adalah meneladani atau memberi contoh, jadi seorang guru jangan hanya bisa berbicara tetapi juga bisa melaksanakan,baik di sekolah maupun di kehidupan sehari-hari sang guru

2. Jangan hanya menyuruh siswa belajar dari kita, tetapi kita juga harus belajar dari siswa
Layaknya seorang peneliti, kita juaga harus mempelajari objek kita dalam mengajar. 

3. Mempunyai idealisme
Mempunyai kepribadian yang khusus,tidak suka meniru tapi justru memberikan inspirasi terhadap orang lain, Jadi guru jangan plinplan, harus konsisten dengan perkataan

4. Berpenampilan yang Kharismatik
Ajining rogo soko busono, (berharganya diri itu karena pakaian yang pantas) berpenampilanlah layaknya seorang guru, tetap sopan namun mengikuti mode terbaru.

5. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan
Ikut berorganisasi di masyarakat dapat membangun karakter seorang guru dan dapat menampilkan citra positif dimasyarakat.

6. Anggaplah rekan kerja sebagai keluargamu

Pasti masih ada banyak hal yang perlu dimiliki oleh seorang guru, namun hanya sedikit saja yang dapat saya sampaikan, semoga bisa disempurnakan. Terimakasih

Salam Pendidikan untuk Indonesia yang lebihbaik  



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar