ads

Lazada Indonesia

Sabtu, 11 Oktober 2014

Model Pembelajaran Quantum Learning

model-pembelajaran-quantum-learning
  Model  Pembelajaran Quantum Learning

Pembelajaran Quantum baik Quantum Learning maupun Quantum Teaching merupakan sebuah inovasi pembelajaran. Quantum Learning merupakan konsep untuk pembelajar agar dapat menyerap fakta, konsep, prosedur, dan prinsip sebuah ilmu dengan cara cepat, menyenangkan, dan berkesan merupakan model pembelajaran yang diperuntukkan bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan guru dalam menerapkan Quantum Learning di kelas menerapkan Quantum Teaching (DePorter, 2010:26). Quantum Teaching diarahkan untuk proses pembelajaran guru saat berada di kelas, berhadapan dengan siswa, merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasinya. Jadi, Quantum Teaching diperuntukkan guru dan Quantum Learning diperuntukkan siswa atau masyarakat umum sebagai pembelajar.
Quantum Learning sebagai interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Dengan mengutip rumus Albert Einstein yakni E=mc2. memisalkan kekuatan energi ke dalam analogi tubuh manusia yang secara fisik adalah materi. Sehingga tujuan belajar menurut Quantum Learning adalah meraih sebanyak mungkin cahaya. Quantum Learning mengaktifkan semua bagian dalam pembelajaran baik dari sisi konteks maupun kontennya (DePorter,2011:16).
Quantum Learning merupakan kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat.
Menurut peneliti berdasarkan pendapat di atas Quantum Learning merupakan suatu model pembelajaran yang membiasakan siswa belajar dengan nyaman dan menyenangkan, serta menumbuhkan motivasi belajar siswa. Sehingga diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar. Salah satu dasar dari model Quantum Learning adalah bahwa belajar harus mengasyikan dan berlangsung dalam suasana gembira, sehingga pintu masuk untuk informasi baru akan lebih lebar dan terekam dengan baik.
2.1.8.2       Penerapan Quantum Learning di Kelas
Penerapan model Quantum Learning di dalam kelas pada siswa adalah dengan menerapkan langkah pembelajaran Quantum Teaching oleh guru. Pelaksanaan Quantum Learning dalam pembelajaran dikenal dengan istilah TANDUR. Langkah-langkah pembelajaran dengan model Quantum Learning atau kerangka rancangan pengajaran Quantum Teaching yang disebutkan oleh DePorter (2010:128) adalah sebagai berikut:
(a)    tumbuhkan
Sertakan diri mereka, pikat mereka, puaskan AMBAK (Apa Manfaatnya Bagi Ku).
(b)   alami
Berikan mereka pengalaman belajar; tumbuhkan “kebu- tuhan untuk mengetahui”.
(c)    namai
Berikan “data”, tepat saat minat memuncak.
(d)   demonstrasikan
Berikan kesempatan bagi mereka untuk mengaitkan pengalaman dengan data baru,sehingga mereka menghayati dan membuatnya sebagai pengalaman pribadi.
(e)    ulangi
Rekatkan gambaran keseluruhannya.
(f)    rayakan
Perayaan menambahkan belajar dengan asosiasi positif.

Asas utama dalam model Quantum Learning terdapat dalam kerangka Quantum Teaching  yaitu “Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka” (Thobroni, 2011:274). Memasuki dunia siswa merupakan langkah pertama untuk mendapatkan hak mengajar yang harus dilakukan adalah memasuki kehidupan siswa. Hal ini akan memudahkan perjalanan siswa menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang lebih luas.
Salah satu yang harus ada dalam Quantum Learning yaitu musik. Musik dipergunakan untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental siswa dan mendukung lingkungan belajar. Musik merangsang, meremajakan dan memperkuat belajar baik secara sadar maupun tidak sadar.
Selain itu pengaturan posisi bangku berperan sangat penting dalam kegiatan pembelajaran model Quantum Learning. Posisi bangku setengah lingkaran untuk diskusi kelompok dapat mempermudah proses pembelajaran. Selain itu penggunaan media belajar yang berwarna-warni dapat memperkuat pengajaran (DePorter, 2010:106-107).

Setelah terjadi interaksi antar siswa dan guru, siswa akan dibawa ke dalam dunia belajar. Maksudnya siswa dibawa ke sebuah suasana belajar yang menyenangkan tanpa membebani siswa. Disini akan terbentuk model mental, rumus, dan lain-lain dengan mengaikatkan pengetahuan awal dengan pengetahuan baru.

DAFTAR PUSTAKA

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki.2011.Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan menyenagkan. Bandung: Kaifa

________, Bobbi, dkk. 2010. Quantum Teaching mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa

Baca Juga : Model pembelajaran Predict Observe Explain  ; Model pembelajaran Quantum Learning ; Model Pembelajaran Mind Mapping ; Model Pembelajaran Problem Based Learning ; Model Pembelajaran Kooperatif




Tidak ada komentar:

Posting Komentar