Model Pembelajaran Quantum Learning
Pembelajaran Quantum baik Quantum Learning maupun Quantum
Teaching merupakan sebuah inovasi pembelajaran. Quantum Learning merupakan konsep untuk pembelajar agar dapat menyerap fakta,
konsep, prosedur, dan prinsip sebuah ilmu dengan cara cepat, menyenangkan, dan
berkesan merupakan model pembelajaran yang diperuntukkan bagi siswa dalam
kegiatan pembelajaran, sedangkan guru dalam menerapkan Quantum Learning di kelas menerapkan Quantum Teaching (DePorter, 2010:26). Quantum
Teaching
diarahkan untuk proses pembelajaran guru saat berada di kelas, berhadapan
dengan siswa, merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasinya. Jadi, Quantum Teaching diperuntukkan guru dan Quantum Learning diperuntukkan siswa
atau masyarakat umum sebagai pembelajar.
Quantum Learning sebagai interaksi-interaksi
yang mengubah energi menjadi cahaya. Dengan mengutip rumus Albert Einstein
yakni E=mc2. memisalkan kekuatan energi ke dalam analogi tubuh manusia yang
secara fisik adalah materi. Sehingga tujuan belajar menurut Quantum Learning adalah meraih sebanyak
mungkin cahaya. Quantum Learning mengaktifkan
semua bagian dalam pembelajaran baik dari sisi konteks maupun kontennya
(DePorter,2011:16).
Quantum Learning merupakan kiat, petunjuk,
strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya
ingat, serta belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat.
Menurut peneliti berdasarkan
pendapat di atas Quantum
Learning merupakan suatu model pembelajaran yang membiasakan siswa belajar
dengan nyaman dan menyenangkan, serta menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Sehingga diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dapat meningkatkan
prestasi belajar. Salah satu dasar dari
model Quantum Learning
adalah bahwa belajar harus mengasyikan dan berlangsung dalam suasana gembira,
sehingga pintu masuk untuk informasi baru akan lebih lebar dan terekam dengan
baik.
2.1.8.2
Penerapan Quantum
Learning di Kelas
Penerapan model Quantum Learning di dalam kelas pada siswa adalah dengan menerapkan
langkah pembelajaran Quantum Teaching oleh
guru. Pelaksanaan Quantum Learning dalam
pembelajaran dikenal dengan istilah TANDUR. Langkah-langkah pembelajaran dengan model Quantum Learning atau
kerangka rancangan pengajaran Quantum
Teaching yang disebutkan oleh DePorter (2010:128) adalah sebagai berikut:
(a) tumbuhkan
Sertakan
diri mereka, pikat mereka, puaskan AMBAK (Apa Manfaatnya Bagi Ku).
(b) alami
Berikan
mereka pengalaman belajar; tumbuhkan “kebu- tuhan untuk mengetahui”.
(c) namai
Berikan
“data”, tepat saat minat memuncak.
(d) demonstrasikan
Berikan
kesempatan bagi mereka untuk mengaitkan pengalaman dengan data baru,sehingga
mereka menghayati dan membuatnya sebagai pengalaman pribadi.
(e) ulangi
Rekatkan
gambaran keseluruhannya.
(f) rayakan
Perayaan
menambahkan belajar dengan asosiasi positif.
Asas utama dalam model Quantum Learning terdapat dalam kerangka Quantum Teaching yaitu “Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan
Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka” (Thobroni, 2011:274). Memasuki dunia
siswa merupakan langkah pertama untuk mendapatkan hak mengajar yang harus
dilakukan adalah memasuki kehidupan siswa. Hal ini akan memudahkan perjalanan
siswa menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang lebih luas.
Salah satu yang harus ada
dalam Quantum Learning yaitu musik. Musik
dipergunakan untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental siswa dan
mendukung lingkungan belajar. Musik merangsang, meremajakan dan memperkuat
belajar baik secara sadar maupun tidak sadar.
Selain itu pengaturan posisi
bangku berperan sangat penting dalam kegiatan pembelajaran model Quantum Learning. Posisi bangku setengah
lingkaran untuk diskusi kelompok dapat mempermudah proses pembelajaran. Selain
itu penggunaan media belajar yang berwarna-warni dapat memperkuat pengajaran
(DePorter, 2010:106-107).
Setelah terjadi interaksi antar
siswa dan guru, siswa akan dibawa ke dalam dunia belajar. Maksudnya siswa
dibawa ke sebuah suasana belajar yang menyenangkan tanpa membebani siswa.
Disini akan terbentuk model mental, rumus, dan lain-lain dengan mengaikatkan
pengetahuan awal dengan pengetahuan baru.
DAFTAR PUSTAKA
DePorter,
Bobbi dan Mike Hernacki.2011.Quantum
Learning Membiasakan Belajar Nyaman
dan menyenagkan. Bandung: Kaifa
________,
Bobbi, dkk. 2010. Quantum Teaching mempraktikan
Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar